Selasa, 30 April 2019

TUGAS 2


1.     Siklus Fetch – Eksekusi
        Instruksi  – instruksi  yang  dibaca  akan dibuat  dalam  register  instruksi  (IR). Instruksi – instruksi ini dalam bentuk kode – kode binner yang dapat diinterpretasikan oleh CPU kemudian dilakukan aksi yang diperlukan. Aksi – aksi ini dikelompokkan menjadi empat katagori, yaitu :
·        CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya.
·        CPU –I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O dan sebaliknya.
·        Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data.
·        Kontrol, merupakan instruksi  untuk  pengontrolan fungsi  atau kerja. Misalnya  instruksi pengubahan urusan eksekusi. 


Diagram siklus instruksi

        Perlu diketahui  bahwa  siklus  eksekusi untuk suatu instruksi dapat melibatkan lebih dari sebuah referensi ke memori. Disamping itu juga, suatu instruksi dapat menentukan suatu operasi I/O. Perhatikan gambar diagram siklus instruksi di atas .
·        Instruction Addess  Calculation (IAC), yaitu mengkalkulasi  atau menentukan alamat  instruksi berikutnya  yang  akan dieksekusi.
·        Instruction Fetch (IF), yaitu membaca atau pengambil instruksi dari lokasi memorinya ke CPU.
·        Instruction Operation Decoding (IOD), yaitu menganalisa  instruksi  untuk  menentukan jenis operasi yang akan dibentuk dan operand yang akan digunakan.
·        Operand Address  Calculation (OAC),yaitu menentukan alamat  operand, hal  ini dilakukan apabila melibatkan referensi operand pada memori.
·        Operand Fetch (OF), adalah mengambil operand dari memori atau dari modul I/O.
·        Data Operation (DO), yaitu membentuk operasi yang diperintahkan dalam instruksi.
·        Operand store (OS), yaitu menyimpan hasil eksekusi ke dalam memori.








                                              

2.  ALU-IAS(Computer of Institute for Advanced Studies)
  •         Memory  Buffer  Register  (MBR), berisi  sebuah  word  yang  akan disimpan  di  dalam  memori  atau digunakan  untuk  menerima  word dari memori.
  •         Memory  Address  Register  (MAR), untuk  menentukan  alamat  word  di memori  untuk  dituliskan  dari  MBR atau dibaca oleh MBR.
  •         Instruction  Register  (IR),  berisi instruksi  8  bit  kode  operasi  yang akan dieksekusi.
  •         Instruction  Buffer  Register  (IBR), digunakan  untuk  penyimpanan sementara  instruksi  sebelah  kanan word di dalam memori.
  •         Program Counter (PC), berisi alamat pasangan  instruksi  berikutnya  yang akan diambil dari memori.
  •         Accumulator  (AC)  dan  Multiplier Quotient  (MQ),  digunakan  untuk penyimpanan  sementar operand dan  hasil  ALU.  Misalnya,  hasil perkalian  2  buah  bilangan  40  bit  adalah sebuah bilangan 80 bit; 40 bit yang  paling  berarti  (most  significant bit)  disimpan  dalam  AC  dan  40  bit lainnya  (least  significant  bit) disimpan dalam MQ.

  1.         IAS  beroperasi  secara  berulang membentuk  siklus  instruksi. Komputer  IAS memiliki  21  instruksi, yang  dapat  dikelompokkan  seperti berikut ini :

  •         ü  Data  tranfer,  memindahkan data  di  antara  memori  dengan register  –  register  ALU  atau antara dua register  ALU sendiri.
  •         ü  Unconditional  branch,  perintah- perintah  eksekusi  perca-bangan tanpa syarat tertentu.
  •     ü Conditional  branch,  perintah- perintah  eksekusi  percabangan yang  memerlukan  syarat tertentu  agar  dihasilkan  suatu nilai dari percabangan tersebut.
  •         ü  Arithmetic,  kumpulan  operasi  – operasi yang dibentuk oleh ALU.
  •        ü  Address  Modify,  instruksi  – instruksi  yang  memungkinkan pengubahan  alamat  saat  di komputasi  sehingga memungkinkan  fleksibilitas alamat  yang  tinggi  pada program.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar